Kamis, 29 November 2007

Jilbab Siswi Dicopot, Seleksi Paskibra di Kediri Menuai Protes

Detik.com
Rabu, 02 Mei 2007, 16:43 WIB

Jilbab Siswi Dicopot, Seleksi Paskibra di Kediri Menuai Protes
[Angga Gunawan - detikcom]

Kediri - Calon anggota Paskibra Kota Kediri dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 diminta melepas jilbab dan mengangkat rok oleh panitia penjaringan dari Diknas Kota Kediri. Kejadian itu langsung disambut protes keras.

Informasi yang dihimpun, peristiwa yang dianggap melecehkan ini terjadi ketika 5 siswi MAN 3 Kota Kediri mengikuti seleksi penerimaan anggota Paskibra di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Jl Mayjen Sungkono, Kota Kediri, pada 25-26 April 2007.
Saat itu, panitia seleksi dari Diknas Kota Kediri meminta 5 siswi tersebut melepas jilbab dan mengangkat rok panjang yang mereka kenakan.

"Alasan panitia, hal itu sudah menjadi ketentuan baku peserta Paskibra Nasional, kecuali siswi asal Aceh. Sementara pengangkatan rok untuk mengetahui apakah kaki siswi saya berbentuk O atau X," jelas Pembina OSIS MAN 3 Kediri, Yusuf Karomaini, kepada detikcom di Ruang Kepala Sekolah MAN 3, Jl Letjen Suprapto No 58, Kediri, Jawa Timur, Rabu (2/5/2007).

Menurut Yusuf, saat itu MAN 3 mengirimkan 3 pelajar laki-laki dan 5 pelajar perempuan. Kelima siswi tersebut adalah Sabrina Amalia, Salisa, Ernina Kustiarini, Angga Atma Proboningrum, dan Liana. Kelimanya merupakan siswa kelas II.

Atas insiden itu, kelima siswi tersebut mengadu ke Yusuf Karomaini selaku pembina OSIS yang menemani pelaksanaan seleksi. Pengaduan tersebut selanjutnya diteruskan Yusuf ke Kepala Sekolah MAN 3 Kediri, Abu Aman.

Abu Aman menjelaskan, dalam surat permintaan pengiriman siswa untuk mengikuti seleksi Paskibra dari Diknas Kota Kediri Nomor 426/0762/419.42/2007, tidak dicantumkan adanya item tentang pelepasan jilbab dan pemeriksaan kaki hingga lutut.

"Kalau sejak awal saya tahu mereka harus melepas jilbab dan mengangkat rok, tentu saya tidak akan mengirimkan delegasi ke sana. Masak mau berprestasi saja harus mengorbankan keyakinan," cetus Abu.

Karena itu, ia kemudian melayangkan surat protes kepada panitia seleksi. Dengan dilampiri surat keberatan dari orangtua, pihak MAN 3 meminta agar aturan seleksi itu diubah. (gik/sss)

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com