Kamis, 29 November 2007

HUT RI Berbuntut tak Sedap

DENPOST - harian warga kota Denpasar
Rabu Paing, 18 Agustus 2004

HUT RI Berbuntut tak Sedap

UPACARA peringatan detik-detik proklamasi, 17 Agustus 2004 di Stadion Pecangakan, Negara ditandai dengan tumbangnya puluhan peserta upacara. Mereka yang terdiri dari siswa dan pegawai ini tak tahan dengan teriknya matahari.

Selain itu, perayaan kali ini juga berbuntut ''bau'' tak sedap. Disebutkan, perhatian Pemkab Jembrana terhadap Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari siswa dan pasukan TNI/Polri dinilai kurang.

''Siswa Paskibra dikarantina di hotel tetapi tidak diberi makan. Selain itu, pemkab juga menggunakan pasukan TNI/Polri biar ndak mengeluarkan biaya,'' ujar sumber koran ini.

Dia juga heran soal pembatalan 75 siswa yang sudah diseleksi untuk menjadi Paskibra. Akhirnya hanya 12 orang yang terpilih dan ini sudah termasuk cadangan, sisanya menggunakan pasukan TNI/Polri.

''Alasan pemkab yang mengatakan terbatasnya dana dipandang tidak masuk akal. Pemkab berani menyewa penyanyi dangdut dengan harga Rp 65 juta dan memberi nasi jinggo gratis. Tetapi untuk HUT RI kok malah minim sekali dananya,'' imbuhnya.

Pasukan yang diambil dari TNI/Polri pun harus menanggung sendiri uang makannya. Kabag Ops Polres Jembrana Kompol Kristiyono membenarkan kalau Polres Jembrana yang menanggung makan anak buahnya. Dia juga mengaku tidak mengerti dengan kebijakan panitia.

Sekda Jembrana I Gde Suinaya yang dimintai konfirmasi usai upacara mengatakan tidak tahu pasti kalau ada keluhan dari Paskibra. ''Saya minta maaf kalau ada yang kurang. Saya akan cek dulu masalahnya. Saya kira semua pos punya anggaran masing-masing. Dana untuk HUT RI ini jadi satu dengan HUT Kota Negara,'' jelas Suinaya.

Kabag Pemerintahan Pemkab Jembrana I Made Wisarjita membantah telah menelantarkan Paskibra dan tidak memberi makan. ''Kami bukannya tidak punya uang tetapi kami melakukan efisiensi dan ini kebijakan panitia,'' tegasnya. Dia menambahkan dana yang sudah dihabiskan untuk semua kegiatan yang terkait HUT Kota Negara dan HUT RI mencapai Rp 597 juta. (wah)

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com